Jumat, 26 Desember 2008

BUKU PARENTING AYAH EDY


Entah sudah berapa kali buku ini berpindah tangan. Sampai lecek dan kumal. Tapi saya merasakan kebahagiaan yang amat sangat. Sebenarnya sudah agak terlambat kalau saya meresensi buku ini, sebab buku keduanya sudah terbit tanggal 22 Desember 2008 lalu dengan judul Mendidik anak jaman sekarang itu mudah. Tetapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali--untuk buku kedua ini,menyusul. .Buku yang diberi judul Mengapa anak Saya suka melawan dan susah diatur (37 Kebiasaan Orang Tua yang menghasilkan perilaku Buruk pada anak) ini sudah mencapai cetakan ketujuh sejak diterbitkan pertama pada bulan Januari 2008 lalu. Penulisnya adalah Ayah Edy --terlahir dengan nama Edy Wiyono (Seorang praktisi Multiple Intelligence dan holistic learning sekaligus pengisi acara Indonesia Strong from Home yang disiarkan radio Smart FM 95.9 Jakarta setiap hari Sabtu pukul 10.00 WIB-12.00 WIB)
     Mengapa Anak Saya suka melawan dan Sulit Diatur? adalah pertanyaan yang seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari ketika kita mendampingi anak. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang manis, yang tidak suka melawan atau menurut saja. Tapi pada kenyataannya, terkadang atau bahkan sering, anak kita melakukan tindakan yang sebaliknya, tidak bisa duduk tenang, suka melawan, tidak mau diatur. Ada juga orang tua yang kebingungan dengan laporan yang di dapatkan dari sekolah karena ternyata anaknya di sekolah luar biasa usilnya, tidak mau diam, dan selalu menjadi trouble maker di kelas. Padahal di rumah, dikenal sebagai anak yang manis dan penurut. Sebaliknya dari sisi anak, mereka seringkali menghadapi orangtua mereka yang tidak konsisten dengan ucapan mereka sendiri seperti melarang anaknya menonton televisi, tapi justru orangtua menonton sinetron pada jam anak belajar.
     Anak juga sering mendapati orang tuanya tidak kompak dalam menghadapi persoalan yang sama. Bahkan si anak sering mendapat perlakuan tidak hormat dari orang tuanya. Menurut Ayah Edy,sisi anak dan sisi orang tua, sering kali kita lupakan, padahal kita dulu pernah menjadi seorang anak. Anak adalah representasi orang tua. Mereka adalah cermin abadi yang tidak pernah berdusta. Lalu, dimana letak persoalan sebenarnya? Buku ini merupakan teman sejati anda dalam mengolah rasa, hati, dan pikiran saat menjalani proses pendampingan anak anda.     Anda juga semakin yakin bahwa anak Anda dan Anda sendiri merupakan keluarga yang unik, solid, dan luar biasa.
    Setelah membaca buku setebal 120 halaman yang diterbitkan oleh penerbit Grasindo ini, membuat kita berpikir ulang dalam menidik anak. Betapa kebiasaan-kebiasaan kita yang tidak kita sadari ternyata berpotensi besar menghasilkan perilaku buruk pada anak kita. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk membaca dan mempraktekan buku ini. Demi masa depan indonesia yang lebih baik.Insya Allah. Karena bagaimanapun juga, Indonesia harus kuat dan itu dimulai dari rumah kita.
If not us who else? if not now when else? Let's make Indonesia Strong from Home !!!


Tidak ada komentar: